Selasa, 25 Maret 2014

TINJAUAN EKONOMI BISNIS JANGKRIK 2014

Assalam,,, Ini aku kasih contoh menurut pengalaman pribadi yaitu perhitungan 'Gudang-Jangkrik' saya versi 2013-2014,,, Selamat belajar dan pahami ilmunya..okey

Untuk telur jangkrik 1 kg khusus Jenis Alam/Madu/Seliring

Modal Awal TETAP (ASET)
1.      Kandang triplek ukuran P: 244cm, L:122cm, T: 60cm = 3x Rp 200.000,-/pcs    = Rp 600.000,-
2.      Klaras / kerai telur ayam : 500 x Rp 200                                                         = Rp 100.000,-
3.      Media penetasan (triplex) P: 122cm, L: 61cm, T: 30cm = 3x Rp 25.000,-/pcs      = Rp   75.000,-
4.      Lakban, Lem kayu dan semen putih                                                               = Rp   50.000,-
5.      Semprotan air                                                                                             = Rp   15.000,-
6.      Kipas angin                                                                                                = Rp 200.000,-
7.      Blender                                                                                                      = Rp 200.000,-
8.      Ember                                                                                                        = Rp   15.000,-
Total modal awal (ASET) per 1kg telur jangkrik adalah Rp 1.255.000,-
( Jika ditotal modal aset bersih per 1kg : 1.255.000- 415.000 : Rp 840.000,-

Modal Awal (Tidak Tetap)
ü  Telur jangkrik 1kg                                   : Rp 400.000,-
ü  Pakan poultry (ayam) 50kg                       : Rp 350.000,-
ü  Sayuran                                                  : Rp 100.000,-
ü  Karung 100pcs+klaras                              : Rp 100.000,-
            TOTAL modal tidak tetap/1 kg          :Rp 950.000,-

Hasil panen antara 80 kg – 100 kg, kita ambil pahitnya aja 80 kg x Rp 30.000,-       = Rp 2.400.00,-
                                  Jadi keuntungan bersih Rp 950.000 – Rp 2.400.000,-        = Rp. 1.450.000,-

Buat pertimbangan ini baru 1kg, gimane kalau 2,3,4 ....dst,,, tinggal itung sendiri aja ya gan yang penting inti rumusnya dah saya tulis. 
Jadi usaha jangkrik yang paling penting ada 3 ronde yang perlu diperhatikan
Yaitu
1.     Bibit telur jangkrik harus ada link/chanel dulu, harus nyari yang selalu ready.

2.   Makanan harus benar-benar ditunjang, maksudku jangan ngirit deh buat poultrynya (pur ayamnya) Target minim 100kg jangkrik lah dari 1kg telur biar maksimal hasilnya. Cz jangkrik itu kanibal klu pur abis dia makan temennya sendiri, jangan sampai kehabisan makanan. Prinsip saya kalau kita ngirit makanan berarti hasil juga ngirit.


3.      PEMASARAN

Untuk yang ketiga ini juga tidak kalah pentingnya menurutku paling penting juga jadi setiap ada waktu luangkan nyari informasi tentang tengkulak (kalau tidak dijual sendiri) cz harga tengkulak beda-beda ada yang tinggi, standar, dan minim. Apalagi setiap daerah beda-beda harganya, semakin ke kota besar semakin melambung harga jangkriknya (cz dikota jarang ada klaras yang ada Mol sama hotel jadi jarang ada petani jangkrik Jadi terserah agan2 aja mau nyari step yang harga berapa.  

Oke sekian sedikit ilmu dan informasi dari saya, semoga bermanfaat. Wassalam

Rabu, 05 Maret 2014

JUAL TELUR Jangkrik DAN JANGKRIK Dewasa

Jangkrik ALAM
UPDATE 2014 ya Gan,,,

Assalamualaikum...
kami dari anggota “Gudang-Jangkrik” Perum WISMA ASRI Jln.Markisa 9 Blok D16 No.73b Kel. Teluk Pucung Bekasi Utara Jawa Barat Menawarkan telur dan jangkrik terbukti super berkualitas anti mencreeeet..,,

Dengan Rincian  :

                  Telur jangkrik ALAM/Seliring/Madu
                  Telur jangkrik kalung.
                  Jangkrik Alam dan Kalung

(GARANSI PASTINYA)
Pengiriman ditanggung pembeli ya.

Jika berminat hub: tio Bekasi
0818723020,085725234705, 081210245758
Pin BB: 28149cfb
Info : www.gudang-jangkrik.blogspot.com
Grup facebook : gudang jangkrik bekasi

maturnuwun and terimakasih




  • Pelanggan Setia Gudang-Jangkrik





Selasa, 04 Maret 2014

SEKILAS INFO tentang peluang usaha Jangkrik''

LOKASI..

  1. Tempat budidaya harus tenang, teduh dan mendapat sirkulasi udara yang baik ya...
  2. Kalau bisa Lokasi jauh dari sumber-sumber kebisingan seperti pasar, jalan raya dan lain sebagainya, Biasanya bikin jangkrik stres. Oh ya ini yang paling penting Pantangan usaha jangkrik buat suami-istri jangan pernah berantem ya, soalnya bikin jangkrik sedih dan sakit hati, bikin suasana adem ayem loh jinawi. Selain dapat penghasilan ternyata usaha jangkrik juga bikin rumah tangga samaraba. hehehe
  3. Usahakan Tidak terkena sinar matahari secara langsung atau berlebihan. Jangan terlalu panasa dan jangan terlalu dingin. Suhu Pokoknya yang sedang2 saja..
  4.  
     

PENYAKIT

     Jangkrik juga mahluk hidup tentu bisa sakit dan meninggal maksudku mati brow. Jadi perlu kita waspadai dan sangat harus kita perhatikan perkembangannya selama pemeliharaannya. Seperti yang sudah saya alami sendiri waktu awal-awal usaha ini yang jadi masalah yang harus jadi pertimbangan dan bahan pelajaran buat agan2 semua khususnya bagi pemula yaitu tentang kebersihan kandang luar dalam ya.. walaupun pada dasarnya jangkrik itu hidup ditanah tapi sesuai yang saya alami ternyata jangkrik itu maunya yang serba bersih dan steril dari apapun juga. Pokoknya buat agan2 yang malas bersihin kandang (terutama setelah panen harus pakai anti bakteri apapun dan dijemur) dan makanan (pur ayam) dijaga sterilnya dari jamur,kutu dan kadaluarsanya pokoe harus fresh. Serta makanan tambahan (sayuran) sebelum diberikan wajib dicuci dan ditiriskan terlebih dahulu. Makanya kalau agan malas berarti hasilnya juga malas juga dunk dan tidak sesuai yang diinginkan ALIAS untungnya cuma setengah tapi saya tetap doakan semoga bisa untung 99%. 

Untuk kasus penyakit yang kadang menyerang jangkrik yaitu dibadannya bagian atas dan ekor keluar air saking parahnya keluar nanah (bisa kita pencet dikit dibadannya). menurut pengalaman saya ya penyebabnya seperti yang saya ceritakan diatas itu. (walaupun sekarang dah jarang yang kena penyakit saran saya lebih baik mencegah daripada mengobati) soalnya ampe sekarang belum ada obat yang secara medis dan resmi bisa mengobati penyakit jangkrik.

Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat dan menjadi pembelajaan bagi para pebisnis dan calon penggerak ekonomi Indonesia..

cukup sekian dan terimakasih
Manusia hanya berusaha sebaik mungkin dan Allah SWT yang menentukan sukses dan tidaknya.. yang penting tetap usaha, belajar dan berdoa sebanyak mungkin.. semoga agan2 semua saya doakan SUKSES..

Rabu, 28 Juli 2010

PANEN JANGKRIK PERTAMAKU

bro PA KABAR SEMUA...
- Panen jangkrik pertamaku sangat mengecewakan,hasil kurang maximal,minimal aja gak dapet...sedihhhhhhhh.Tapiii ALHAMDULILAH..masih ada rejeki buat ku he.. he...he...
- Panen pertama hari Selasa Siang tanggal 27-07-2010 jam 09.00 pembeli pak Berto (Batak). Dari naruh telur jangkrik 1 Kg (beli di Pak Rudi Kebalen) di kandang kotak 5 buah dari triplek ukuran (0.6M x 2.4M x0.6M) dapet jangkrik hidup 17 Kg untuk dijual ke Pak Berto dan kira kira 5 Kg untuk indukan lagi.Kata yang beli nih Kondisi jangkrik bagus,sehat,lincah,tapi masih ada BK (istilahnya dari Pak Berto yang artinya BESAR KECIL,katanya sih ngasih makannya gak rata,..tau deh)kalau diitung itung secara komersil yahhh untung tipiss..piss piss,jangkrik dibeli Rp.26.000,-/Kg total dapet duit Rp.442.000,- lumayan daripada loemanyun,perkiraaan dapet min 50Kg gak jadi deh.
- Panen kedua hari Selasa Malam tanggal tanggal 27-07-2010 jam 20.00 pembeli AJI dari Bulak Kapal Bekasi.Dari naruh telur jangkrik 1 Kg (beli di Pak Rudi Kebalen) di kandang Batako I Buah ukuran 3M x 2.5M x 0.6M dapet jangkrik hidup 20 Kg,kondisi jangkrik kurang bagus,ada yang keluar air,lemes,loyo,lunglai,BK pokoknya kurang bagus deh.Seharusnya gak layak jual tuh jangkrik,tapi karena pembelinya temen sendiri yahh dimaklumi,dari kita sih pokoknya garansi kalau pada mati di diskon habis bis..terima complain yang penting laku dulu takut mati semua.Karena yang beli temen sendiri jangkrik di hargai tinggi lho Rp.30.000,-/kg wow mantap dapet duit Rp.600.000,-.
- Hari Rabu malam tanggal 28-07-2010 jam 19.00 pas ada acara ULTAHKU yang ke 33,dapet kabar dari AJI kalau jangkrik banyak yang mati terutama yang kecil....lemess rasanya,ya udah sesuai kesepakan kita terima complain,Alhamdulilah cuman kena potong Rp.50.000,- yang penting kerja sama masih berlanjut tanpa ada ganjalan di hati...
- Katanya sesepuh yang udah pengalaman didunia persilatan jangkrik nih kondisi jangkrik kurang maksimal karena : CUACA yang terlalu panas disertai ujan yang gak tentu,MAKANAN POULTRY kemarin awalnya kita kasih makanan poultry agak besar seharusnya ditumbuk dulu,karena males langsung ditaburin aja,jadi jangkrik males nelen,ngunyah dulu x ya 33x.SAYURAN kurang banyak,susah nyari di bekasi mahal lagi kalau beli,akhirnya cuman dikasih debog pisang ngirit,murah,awet ternyata berbanding lurus ama hasilnya,seharusnya sayuran kangkung sungai,daun singkong,wortel.Yang terakhir agak MITHOS SUPER KENTHOS suasana HATI harus sabar,tenang,kalem,lembut,mesra,sayang gak boleh kemrusung,uring-uringan, marah, panas,ngambek,sebel,benci.
- Terima kasih kepada semua pihak yang terus mendoakan kita tuk bekerja lebih baik.
- PESAN SPONSOR "Lebih baik kita gagal daripada gak pernah mencoba"

Rabu, 21 Juli 2010

MENETASKAN TELUR JANGKRIK




Menetaskan Telur Jangkrik.
Langkah –langkah menetaskan telur jangkrik:
1. Telur di angin –anginkan dan diratakan
2. Setelah telur kering taruh didalam kain atau koran,sesuai kebutuhan maximam 0.4 Kg tiap bagian, setelah itu jadikan satu ujung-ujungnya dari koran/kain tersebut (dibuntel)
3. Setelah itu digantungkan untuk menghindari hama (semut,cicak,kecoa,dll)
4. Setelah 2 atau 3 hari coba cek kondisi telurnya sambil diratakan jangan ada yang mengumpal,kalau warna sudah berubah coklat tua dan sudah kelihatan tunas matanya atau sudah ada 1 atau 2 telur yang sudah menetas,dalam kondisi tsb telur sudah siap di pindah ke media penetasan.
5. Buat media penetasan pake lembaran tripek  ukuran 122cm x 61 cm x 40cm dalam box penetasan,taruh dan ratakan telur setipis mungkin (kalau numpuk yang paling bawah biasanya mati) yang sudah siap menetas,setelah itu ditutup dengan dedaunan/kain/koran.
6. Untuk kelembaban kain paling atas disemprot air seperlunya aja.
7. Kondisi normal setelah semalam telur sudah banyak yang menetas,tunggu sampai 3-4 hari sampai telur menetas semua.
8. Anak jangkrik umur 1 hari sudah memerlukan makanan,pakan yang diberikan pur ayam yang diselep halus atau ditumbuk trus diayak,juga sayuran seperti batang pisang dibelah tipis,kubis dan sayur hijau sedikit aja untuk minumnya. (Jangan banyak-banyak dulu)..
9. Kualitas pakan dan kebersihan kandang dan lingkungan merupakan faktor penting demi keberhasilan dalam pembesaran jangkrik.
10. Pastikan suhu ruangan stabil yaitu tidak terlalu panas atau lembab,kalau lembab dikasih penerangan lampu
11. Langkah yang terakhir “BERDOA”








TINJAUAN EKONOMI BISNIS JANGKRIK

TINJAUAN EKONOMI BISNIS JANGKRIK

Untuk Telur Jangkrik 1 Kg

Modal Awal (Aset)

- Kandang dari Triplek ukuran 240Cm x 60cmx60cm : 5 x Rp. 200.000 = Rp 1.000.000,00

- Kerai / tempat naruh telur ayam yang bekas 1.000 x Rp.200,00 = Rp.200.000,00

- Triplek / kardus ukuran 50 cm x 50 cm : 5 x Rp. 5.000,00 = Rp.25.000,00

- Kain ukuran 50 cm x 50 cm : 5 x Rp. 5.000,00 = Rp.25.000,00

- Ember 3 x Rp.20.000 = Rp.60.000,00

- Pisau / sabit = Rp.30.000,00

- Lakban dan lem kayu = Rp.50.000,00

- Semprotan Air = Rp.10.000

Total Modal Awal (Aset ) per 1 Kg telur jangkrik adalah Rp.1.400.000,00 (Penyusutan 3 tahun)

Biaya Penyusutan per bulan adalah Rp. 40.000,00

Modal Awal (Tidak Tetap / 1 Kg jangkrik)

- Telur Jangkrik 1 Kg = Rp.200.000,00

- Pakan Poultry 50 Kg = Rp.250.000,00

- Sayuran (kangkung,sawi,wortel, daun singkong) = Rp.200.000

- Karung + Klaras (daun pisang kering) 50 buah = Rp.100.000

Total Modal Awal (Tidak Tetap / 1 Kg jangkrik) = Rp. 750.000,00

Total Modal setiap kali panen 30-35 hari adalah Rp.750.000,00 + Rp.40.000,00 = Rp.790.000,00

Hasil Panen Antara 50 Kg – 80 Kg,Kita ambil Pahitnya 50 kg x Rp.25.000,00= Rp.1.250.000,00

Keuntungan bersih Rp.490.000,00 / 1Kg

Senin, 12 Juli 2010

Membuat Kandang Jangkrik

Kandang terbuat dari kayu tripleks,.Batako atau kardus bekas
  • Kardus berukuran 100cm x 60cm x 30cm bisa menampung 4.000 ekor jangkrik(kurang lebih 2 Kg). Untuk kardus ini bisa digunakan 4-5 kali pake,
  • Triplek ukuran 100cmx240cmx60cm bisa digunakan sampe tahunan bagi yang tidak punya lahan luas,bisa menampung maximal 20.000 ekor jangkrik (kurang lebih 10 Kg).
  • Batako tergantung ukuran luas lahan yang kita punya,bagusnya ukuran 250cm x 300cmx100cm bisa menampung maximal 160.000 ekor jangkrik (kurang lebih 80Kg)
  • Untuk Atap kandang atau dalamnya kandang kita isi daun kelapa/daun pisang/daun jati/daun tebu/serabut kelapa,tempat bekas telor ayam.
  • Atap kandang disekilingnya diberi lakban licin biar jangkrik gak keluar
  • Kandang harus rapat jangan sampai ada lubang walau sebesar jarum.














NB: Pesan dari foto disamping;
Tetap berhati-hati melakukan transaksi keuangan didunia internet sebab kita hanya pakai modal kepercayaan aja. Jangan tergiur dengan harga yang murah (Orang jawa bilang "Ono rego ono rupo" Teliti dan pahami sebelum bertransaksi. Tujuan kita bersama adalah rejeki halal dan terus bermitra sampai selamanya. Tetap belajar dan bersemangat. Tuhan bersama kita.. amien